Book Review: Manusia Setengah Salmon by Raditya Dika

A post in Bahasa Indonesia...
Book: Manusia Setengah Salmon by Raditya Dika

This book contain 18 chapter , 258 pages



Buku Bang Dika ini masih se-lucu buku2 dia sebelumnya ... tapi jauh lebih berat .... lebih dewasa ... kalo buku terakhirnya Marmut Merah Jambu lebih tentang cinta-cintaan . buku yang ini lebih banyak cerita tentang proses perpindahan, perpindahan rumah, perpindahan supirnya, perpindahan hati ...... ngena banget pesannya ...
buku ini sepertinya mewakili fase hidup bang Radith sendiri yang lagi ada di masa transisi... dia skr udah lulus kuliah, udah wisuda, semakin dewasa, mulai menyadari bahwa temen2 mainnya udah pada nikah ..
semua bab nya gw suka, terutama Bab Manusia Setengah Salmon ...
gw salut sama Salmon, ada fase dalam hidup mereka yaitu musim bertelur.. mereka menempuh jarak ratusan km dan melawan arus dari laut menuju hulu sungai untuk bertelur ... selama perjalanan ada yang dimakan beruang, mati .. tapi mereka tetep terus menuju hulu sungai ...



beberapa petikan kalimat yang gw suka :
"Putus cinta seperti disengat lebah. Awalnya tidak terlalu berasa, tapi lama-kelamaan bengkaknya mulai terlihat" &
"Putus cinta sejatinya adalah sebuah kepindahan"
- Bab Sepotong Hati di dalam Kardus Cokelat
"Salah satu cara untuk meluluhkan seorang cewek/cowok adalah dengan meluluhkan keluarganya. Dan cara untuk meluluhkan keluarganya adalah menerima dan mengikuti kebiasaan mereka" - Bab Pesan Moral dari Sepiring Makanan
"Sebaiknya semakin bertambah umur kita, semakin kita dekat dengan orangtua kita" - Bab Kasih Ibu Sepanjang Belanda
"Di era Twitter sekarang ini , first date sudah pindah ke twitter. Timeline twitter seseorang menunjukkan sifat asli orang tersebut. Makanya yang punya twitter mendingan jaim dari sekarang" &
"Inilah sesungguhnya tujuan dari PDKT: agar kita bisa membedakan orang yang kita mau dan orang yang kita butuhkan" - Bab Tarian Musim Kawin
"Gue jadi berpikir, ternyata untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik, gue gak perlu jadi manusia super. Gue hanya perlu menjadi manusia setengah salmon: berani pindah" - Bab Manusia Setengah Salmon
gue tunggu buku2 selanjutnya Bang !!
thanks for reminding me ...
saat nya move on ~~~~~
happy reading guys ...

No comments:

Post a Comment